Pecinta aktifitas memancing sebagian ada yang mengatakan, “Tidak peduli ikan besar atau ikan kecil yang penting bisa menangkap ikan”. Demikian juga ketika kita berbicara tentang penjualan, “Saya tidak peduli penjualan langsung atau penjualan tidak langsung yang paling penting penjualan meningkat dan berkelanjutan.”Pecinta aktifitas memancing sebagian ada yang mengatakan, “Tidak peduli ikan besar atau ikan kecil yang penting bisa menangkap ikan”. Demikian juga ketika kita berbicara tentang penjualan, “Saya tidak peduli penjualan langsung atau penjualan tidak langsung yang paling penting penjualan meningkat dan berkelanjutan.”

Sehingga sebagian pengusaha akan secara konvensional memiliki pandangan bahwa bagaimana menukarkan nilai tambah yang ada sebanyak mungkin pembeli, sesering mungkin sehingga pembeli untung dan penjual untung.

Secara umum dalam proses jual beli baik jasa ataupun barang yang perlu diperhatikan adalah adanya aliran pengingat dan aliran penawaran. Aliran pengingat atau bisa disebut dengan branding membutuhkan biaya iklan yang cukup besar dan kadang tidak menghasilkan penjualan, aliran ini merupakan open marketing. Sedangkan aliran penawaran akan mengajarkan kita bagaimana biaya pemasaran dapat dibandingkan dengan hasil penjualan, aliran ini merupakan close marketing.

Dalam kegiatan pemasaran banyak langkah-langkah yang harus diperhitungkan sehingga mendapatkan hasil yang maksimal, sehingga diperlukan banyak informasi yang harus dikumpulkan untuk mendukung pemasaran yang baik dan tepat.

4 Pola Strategi Pemasaran Laundry

Pada kesempatan ini kami sebutkan 5 pola strategi pemasaran yang haparannya bisa menarik pelanggan laundry sehingga tingkat penjualan jasa lebih meningkat.

1. Kenalilah Pelanggan AndaSalah satu harapan dari seorang pengusaha atau penjual jasa laundry adalah bagaimana pembeli atau pelanggan loyal terhadap kita sebagai penjual jasa laundry. Untuk meningkatkan loyalitas itu seorang penjual jasa laundry hendaknya mengenali setiap pelanggannya dengan baik, secara personal bagaimana pribadi pelanggan kita, kebiasaan mereka atau hal lainnya sehingga kita bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan. Dengan mengenal lebih dekat bisa melayani berdasarkan data hasil pengamatannya dan menghasilkan pelayanan yang lebih akrab, sehingga pelanggan laundry kita lebih loyal dengan kita.

2. Pilih Lokasi Yang StrategisDalam pendirian jasa laundry lokasi merupakan hal yang harus diperhatikan, seberapa padat pemukiman penduduk yang ada di sekitar lokasi dan seberapa banyak jasa laundry yang di sekitar  lokasi kita dan pertimbangan lainnya. Maka, usahakan untuk memilih lokasi laundry yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis laundry kita dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.

3. Lakukanlah PromosiDalam usahakan mengenalkan jasa laundry kita perlu dilakukan pengenalan kepada masyarakat, berbagai usaha bisa dilakukan sebagai bentuk promosi kita. Mulai dari mengikuti even pameran, membuat brosur yang disebarkan kerumah tangga di sekitar lokasi laundry kita, dan tidak kalah pentingnya adalah kehebatan word-of-mouth publicity, kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri kita untuk membuat pelanggan lebih nyaman layanan kita. Pelanggan yang merasa puas dengan layanan kita akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru. Dengan promosi pulalah pelanggan akan tahu kewujudan anda walaupun anda baru membuka jasa laundry.

4. Menjalin Hubungan Dengan PelangganBanyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan kita, karena merupakan hal yang cukup penting untuk kita menjaga hubungan ini. Kita bisa membuat database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala dengarkan dan perhatikan kebutuhan pelanggan, dan informasikan pelanggan mengenai promo pelayanan yang sedang berjalan serta berikan support yang terbaik. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan kunci terakhir yang harus kita pegang untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.
Demikian uraian singkat ini, semoga dengan usaha yang tidak kenal lelah kita bisa meningkatkan pelayanan dan nilai jasa kita. Karena dengan ketatnya persaingan pasar saat ini kita harus dapat memenangkan pasar dengan strategi marketing yang tepat dan juga ide yang inovatif.