Salah satu bentuk perawatan pakaian yang kita miliki adalah dengan mencuci pakaian tersebut sehingga pakaian kita tetap dalam keadaan bersih. Dan tentunya pakaian yang bersih didapatkan dengan proses yang biasa kita lakukan dan kita ketahui bersama, yaitu mulai mencuci pakaian, mengeringkan dan merapikan dengan setrika atau bisa menggunakan setrika uap broiler untuk mendapatkan hasil setrikaan yang halus tanpa meninggalkan mengkilap di  baju.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menampilkan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat alat untuk menjemur pakaian. Dan alat ini berguna untuk membantu kita dalam proses pengeringan pakaian yang telah kita cuci. Ketika kita menjemur pakaian untuk mengeringkan pakaian tersebut sebagian besar dari kita memanfaatkan sinar matahari, yang bisa kita lakukan dengan mudah dan tanpa biaya. Sebagian rumah kadang memiliki lahan yang tidak begitu luas untuk menjemur pakaian, sehingga kita memanfaat beberapa alat yang memudahkan kita ketika menjemur dan tidak memerlukan tempat yang luas.

Salah satu cara yang efektif dan efisien yaitu menggunakan tempat gantungan baju, yang mana dengan alat ini relatif tidak membutuhkan tempat yang luas tetapi bisa digunakan untuk menggantung pakaian lebih maksimal.

Pada kesempatan ini akan kami tuliskan langkah-langkah membuat tempat gantungan baju yang cukup mudah dan murah. Kita akan akan menggunakan pipa air dalam membuat tempat gantungan pakaian untuk menjemur pakaian, karena relatif mudah dan murah menurut kami. Berikut kami tuliskan beberapa langkah-langkahnya semoga bermanfaat.

1.  Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.

Alat :

  • Gergaji besi
  • Spidol
  • Meteran

Bahan :

  • Pipa pvc ukuran 65 cm (2 buah)
  • Pipa pvc ukuran 90 cm (5 buah)
  • Pipa pvc ukuran 10 cm (4 buah)
  • Pipa pvc ukuran 5 cm (6 buah)
  • Pipa pvc ukuran 8 cm (4 buah)
  • Sambungan siku pvc 8 buah
  • Sambungan T (10 buah)

2.  Setelah alat dan bahan disiapkan, kita berlanjut ke proses pengukuran. Berikan tanda pada pipa yang telah disiapkan, dengan penggores atau spidol, sehingga memudahkan ketika melakukan pemotongan sesuai dengan tanda yang telah dibuat.

3. Proses selanjutnya adalah pemotongan pipa. Potong pipa sesuai dengan ukuran yang telah disebutkan dibagian bahan. Gunakan gergaji besi yang telah disiapkan untuk memotong pipa. Pastikan pipa dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan potong dengan kuat dan hati-hati.

4. Proses selanjutnya yaitu perakitan dan pemasangan. Rakitlah pipa yang telah dipotong sesuai dengan kebutuhan model yang telah ditentukan. Lakukan dengan teliti dan rapi sehingga menghasilkan bentuk yang bagus dan rapi.

5. Pembuatan tempat gantungan baju telah selesai, dan siap digunakan.